Rabu, 29 Mei 2019

JASTIP DAN JAKFAIR

Jasa Titip.
Atau sering disingkat Jastip.
Beberapa tahun terakhir ini telah menjadi tren baru perdagangan era 4.0 di Indonesia.
Bukan tanpa alasan hingga metode jual beli jasa ini bisa menjadi salah satu profesi baru dengan prospek yang cukup menjanjikan.

Best seller jastip hari ini: Ceraflon Marble Pan by Cosmos


Salah seorang sahabat saya bahkan mampu meraup belasan juta rupiah per bulan dengan serius melakoni profesi Jastipper (orang yang menyediakan jasa titip pembelian barang). Di kota besar seperti Jakarta, kemacetan lalu lintas yang makin aduhai adalah salah satu penyebab jasa seorang jastipper makin dibutuhkan.

Banyak orang (terutama mereka yang terikat jam kantor formal) yang semakin memiliki keterbatasan waktu untuk bisa pergi kesana kemari mencari barang kebutuhan. Kemacetan memiliki poin penting dalam keterbatasan waktu ini. Sehingga akhirnya memilih untuk memakai jasa titip untuk membeli barang yang diinginkan.

Bagi warga di luar Jakarta, seringkali komoditi yang diinginkan atau dibutuhkan, distribusinya belum mencapai wilayah domisili mereka. Sehingga bantuan jastipper di kota besar memungkinkan mereka memiliki barang tersebut tanpa harus menempuh perjalanan jauh ke Jakarta.

Nah alasan keterbatasan waktu dan kemacetan plus antrian mengular di loket Jakarta Fair Kemayoran kali ini membuat saya tertarik untuk menjajal profesi jastipper bagi teman-teman terdekat saya. Tak dapat dipungkiri, daya tarik promo diskon dan banting harga di JakFair sangat lah menggoda iman. Dan terbukti, di hari pertama saya mencoba melakoni jasa titip ini, cukup banyak sahabat yang memanfaatkan jasa yang saya tawarkan.

Outlet Cosmos di Holl D JakFair 2019


Bagi anda yang tertarik mencoba menjadi jastipper di event Jakarta Fair Kemayoran 2019 ini, berikut beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat.

2 brand per hari

Jakarta Fair bukan mal atau toko furnitur hits milik salah satu negara Eropa, yang beroperasi sepanjang tahun. Event ini hanya berlangsung setahun sekali selama kurang lebih sebulan. Sehingga kepadatan dan keramaian pengunjung bisa berkali lipat dari pengunjung pusat belanja. Luas area jelajah JakFair pun sangaaaat luas.

Karena itu, saya menyarankan untuk menawarkan jasa titip maksimal hanya 2 merk produk dalam satu hari kunjungan ke JakFair. Mondar-mandir menuju outlet satu ke outlet yang lain akan cukup menguras waktu dan tenaga, terlebih di saat jam berpuasa. Jika harus wara-wiri ke banyak outlet produk, perhatikan stamina dan kondisi fisik. Jumlah pengunjung yang masif pun berpotensi membuat bingung atau 'tersasar' di keramaian.

Cosmos dan Bolde


Target pasar dan brand

Karena hanya sedikit brand jasa titip yang ditawarkan dalam sehari, maka perlu menentukan target pasar dan produk apa yang sekiranya sesuai dan diminati oleh calon klien anda.

Misalnya saja, hari ini target pasar saya adalah para emak rumah tangga, maka produk jasa titip yang saya tawarkan adalah kebutuhan rumah tangga. Saya memilih Cosmos dengan fokus pada seri produk Ceraflon Marble Pan, dan produk-produk pembersih dari brand Bolde. Kedua brand tersebut saya pilih, karena memiliki kualitas baik, cukup punya nama di pasaran, harganya sangat bersaing dibanding produk sejenis lain, dan kedua brand ini terbilang "tidak mudah" ditemui di supermarket terdekat.

Superbroom by Bolde


Cari info harga

Sebelum memutuskan brand mana yang akan ditawarkan, tak ada salahnya jika terlebih dulu melakukan survey harga. Walau JakFair memang identik dengan promo diskon, tapi tak menutup kemungkinan beberapa produk tidak memiliki perbedaan harga dengan yang dipasarkan di luar JakFair.

Selisih harga produk juga perlu diperhatikan. Apabila selisih harga tidak terlalu signifikan, maka calon klien pun akan berpikir ulang untuk menggunakan jasa titip.

Perbandingan harga signifikan dengan harga normal, 50% lebih murah



Manfaatkan medsos

Tidak rugi pula jika anda aktif memberi info terbaru di media sosial dan grup-grup pertemanan tentang beragam promo menarik di JakFair. Info menarik akan berpeluang menambah daftar pengguna jasa titip.

Tidak membawa anak kecil

Jika anda memiliki anak kecil, saya sangat tidak menyarankan untuk mengajaknya ke JakFair saat anda sedang dalam kapasitas melakoni profesi jasa titip.

Keramaian JakFair yang dapat menyesatkan arah

Luasnya area @JakartaFairId dan peluang anda bolak balik beberapa kali ke outlet yang sama, tentu akan membuat kaki kecilnya sangat lelah. Keramaian pengunjung pun cenderung tidak aman bagi si kecil saat anda sedang fokus mencari barang titipan yang harus dibeli.

Nah itu tadi beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan jika anda tertarik memanfaatkan Jakarta Fair Kemayoran untuk menjajal profesi jastipper.
Semoga bermanfaat.
Dan selamat menikmati keseruan #BelanjaDiJakartafair

Load disqus comments

0 komentar

Designed By Risa Hananti. Diberdayakan oleh Blogger.