Senin, 17 Februari 2020

Potensi Wisata Edukasi Jatinangor

Sumber: www.google.com


Sumedang adalah salah satu kota tetangga terdekat Bandung. Seantero nusantara kerap mengaitkan Sumedang dengan diksi TAHU.

Ya.
Tahu Sumedang memang melegenda. Makanan khas yang disukai banyak kaum ini memang memiliki tekstur yang berbeda dari kebanyakan jenis tahu yang lain.

Identik dengan kata TAHU, membuat orang seringkali lupa dengan keindahan alam serta ragam potensi wisata Sumedang yang lain. Antara lain wisata budaya tradisional dan wisata sejarah Sumedang.

Sumber: www.google.com


Potensi wisata di Sumedang memang masih kalah pamor dibandingkan Tahu khas Sumedang. Padahal tak sedikit menu wisata yang bisa dinikmati di Sumedang.

Salah satu potensi wisata yang layak diperhitungkan untuk dikembangkan di Sumedang adalah Wisata Pendidikan. Karena selama ini identitas Kota Pendidikan telah terlanjur tersemat untuk Yogyakarta, banyak yang terlupa, bahwa Sumedang adalah kota tempat bernaung beberapa Perguruan Tinggi Negeri besar dan favorit di negara ini.




Jatinangor.
Adalah satu kata untuk sederet kampus perguruan tinggi bergengsi Top 10 bangsa ini. Kampus-kampus Perguruan Tinggi Negeri terbaik bermarkas di wilayah ini.
Kampus incaran jutaan pelajar, dengan persaingan ketat dan upaya luar biasa untuk bisa menembusnya.

Sebut saja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (UNPAD).
Semua merupakan jajaran perguruan tinggi idaman karena dianggap menjanjikan masa depan cerah.

IPDN
IPDN memiliki pamor tak kalah dengan STAN. Berhasil menjadi mahasiswa IPDN tentunya tidak bisa dianggap sebagai prestasi yang sepele. Kampus ini bernaung dibawah Departemen Dalam Negeri. Sehingga semua mahasiswa langsung terikat dalam ikatan dinas. Yang artinya, setelah lulus kuliah mereka tak perlu pusing lagi melamar pekerjaan. Karena akan langsung bertugas sebagai ASN di instansi terkait.

Sumber: www.google.com


ITB
Siapa yang tak tahu gaung institut ini? Mungkin bukan warga negara Indonesia. Digadang sebagai perguruan tinggi terbaik di nusantara. Beberapa presiden dan banyak menteri adalah alumni ITB. Bahkan Bapak Proklamator kita pun pernah mengecap pendidikan disini. Memiliki ijazah ITB cukup menjadi jaminan mutu kapasitas seorang sarjana di mata banyak instansi dan perusahaan.

Sumber: www.google.com


Universitas Padjadjaran
Kampus yang satu ini pun tak kalah ketat persaingannya. Terlebih untuk jurusan-jurusan Ilmu Sosial. Walau tidak menjamin pekerjaan bagi para lulusannya dalam ikatan dinas, namun popularitas dan kreativitas mahasiswa UNPAD dikenal tak kalah dengan beberapa PTN lain di tanah air. sehingga para lulusannya cukup diminati oleh perusahaan pencari karyawan.

Sumber: www.google.com

Animo masyarakat Indonesia untuk bisa menimba ilmu di ketiga PTN tersebut sangat besar. Sehingga informasi detil berkaitan dengan IPDN, ITB dan UNPAD juga cukup banyak dicari, terutama oleh para siswa setingkat SMA.

Misalnya informasi tentang jurusan apa saja yang ada di kampus tersebut. Peluang kerja lulusan dari jurusan-jurusan tersebut akan bergerak di bidang apa. Berapa detil rinci biaya pendidikan tiap jurusan. Hingga informasi pondok kost atau asrama mahasiswa di sekitar Jatinangor.

Fakta-fakta tersebut dapat diolah dan dimanfaatkan menjadi potensi wisata pendidikan yang cukup menjanjikan. Pemerintah kota Sumedang, atau pun pihak swasta, dapat bekerja sama dengan kampus-kampus tersebut. Misalnya dengan menyelenggarakan Tour de Campus. Dengan sasaran utama peserta adalah para siswa SMA-SMP yang berminat melanjutkan studi di salah satu kampus tersebut.

Dapat dirancang paket wisata yang akan mengajak para peserta untuk berkunjung menjelajah setiap jengkal isi kampus. Memperkenalkan para peserta pada kegiatan akademis maupun non akademis di kampus. Memberi sesi informasi tentang semua jurusan yang tersedia di setiap kampus. Juga peluang kerjanya di masa depan.
Sumber: www.google.com


Penyelenggara paket wisata juga dapat membawa para peserta melakukan kunjungan informatif ke berbagai rumah kost dan asrama mahasiswa di Jatinangor. Agar para peserta mendapat gambaran nyata kehidupan sehari-hari di Jatinangor. Termasuk perkiraan biaya hidup sebagai mahasiswa di sana.

Potensi wisata edukasi ini sangat layak dikembangkan. Karena dunia pemdidikan pun kini sudah memasuki era industrialisasi pendidikan. Dan bagi kebanyakan orangtua, pendidikan yang tepat bagi anak adalah wujud kasih sayang dan bekal hidup terbaik yang dapat diberikan. Sehingga peluang wisata pendidikan ini pun bisa jadi akan sangat diminati para pelajar beserta orangtua mereka.
Load disqus comments

0 komentar

Designed By Risa Hananti. Diberdayakan oleh Blogger.